IBX5980432E7F390 Cerpen

Articles by "Cerpen"

10 orang agama android antivirus antivirus 2017 antivirus gratis 2017 Backlink bahasa indonesia Beasiswa Belajar Hacking Berkualitas bootloop cara instal cara instal McAFEE catatan Catatan Seorang Pejalan Cerita Cerpen CIREBON Deface Dongeng Bahasa Cirebon Dongeng Bahasa Inggris dongeng bahasa sunda Dork dork 2017 Dork Fresh dork fresh 2017 Download download antivirus download antivirus 2017 Drama Firmware Firmware ADVAN Firmware OPPO Firmware Samsung Flash Advan Flash Samsung Fresh 2017 galau gambar Google Drive Harga History History Borobudur history indonesia internasional internet KAIST Global ITTP kerajinan KERATON KASEPUHAN Kesehatan king of Sriwijaya Kingdom koleksi Korea Selatan Kumpulan Firmware Kumpulan Pidato Bahasa Cirebon kumpulan pidato bahasa sunda Kumpulan Puisi Kumpulan Puisi Keagamaan Legenda mastah mencari website vuln mengatasi lemot Nasional naskah naskah Drama Naskah Drama 10 Orang Pemain nembak cewe one of the king of Sriwijaya Kingdom OPPO orang pemain Pidato Bahasa CIrebon Pidato Bahasa CIrebon pidato bahasa sunda plangon Prakarya praktik kerja industri puisi puitis ratu marpuah Resep resep ayam resep ayam bakar script script deface sejarah bali Sejarah Cirebon sejarah indonesia sejarah kerajaan Sejarah Kerajaan Cirebon sertifikat shell deface SMKN 2 Kota Cirebon Spesifikasi sumber Surat terbaik tool hacking tools Tugas Sekolah tupar web vulnerability scanner Tutorial Flash tutorial instal update samsung upgrade upgrade samsung USB Password Recovery Tools video windows 7 windows seven XI Perbankan 2
Showing posts with label Cerpen. Show all posts

The Absolute Desire Ridiculous
Cerita : Catatan Seorang Pejalan
Untuk Bahasa Indonesia Clik DISINI
Author : Ratu Marfuah
Form    : Indonesia


A dozen years ago, I had a very silly wish. As a green lover, is not it natural that I want to always see green everywhere? The desire is about green, that is, I want to go to Green Mosque or mosque which is dominated by green color. The times have passed, I have met various mosques. But as it turns out, I have not found the mosque the way I want it. Maybe in this world, there is no mosque like that. Eventually the desire began to be forgotten and buried.


Early last Saturday in August, a new newspaper was lying on the table. I opened it and read it. The first thing I read was his headline. If the headline is interesting, then I will continue reading the contents. But if the headline is less interesting, then I will not read the contents.

On the first page of the local paper, the headline read: The old mosque that can not be torn down. I also decided to read out the news content. After reading it, the heart said, "Later there ya, De, ride prayer." Why, why do hearts say like that? Is it because I want to see the look of the old mosque? A mosque that can not be torn down and who witnessed the history of the spread of Islam in the area of ​​Cilegon? I have no idea. What is clear is my heart wants to come to him.

From the paper, the mosque is located in Citangkil sub-district, in a village whose name sounds familiar to the ears and I have never visited before. Initially wanted to ask a friend who lived in the area, but after recalling, it turns out I have no friends who live there. Should I walk every street to find his mosque? Citangkil Sub-district. it's pretty wide and it certainly is not easy to find it. Where to start the trafficking from? Is not it like looking for a needle in a haystack? Questions are popping up in my head and have not yet experienced matchmaking with answers. But the heart is still willing to go there and also believes that one day will be paired with the mosque. This is an unreasonable conviction from which. An unlikely belief. I began to doubt the conscience.

Post-Idul Fitri, the confidence of meeting with the mosque is getting stronger. But unfortunately, I have not found the location yet. It seems that desire is impossible. I began to resign. If indeed I have a match with the mosque, then I will definitely find it in an unexpected meeting. But if the meeting did not happen, it seemed the best thing.

Sunday, August 26, 2012, I have three agenda: reunion with college friends, visit his friend's mother, and make a pilgrimage to Banten. At first I chose to make a pilgrimage to Banten, but instead I was destined to visit his friend's mother.

That morning I walked down Anyer road to get to Cigading. Sunday's status makes the solid Anyer path creeping, even stuck. In order to reduce boredom, my eyes explored every street segment. As the midst of exploring, this eye captures the pampering beauty. Up ahead, from a distance of a few meters, stands up the dome of the mosque that is bright green. Just seeing him alone has been able to thrill my heart and make me fall in love. What is it?

When angkot pass right in front of the mosque, read the name of Al-Khadra Mosque. Reading his name made the heart say, "That's the mosque De looking for!" Al-Khadra? As I recall his name was Al-Kubro. Debate with the heart also occurs, but not always result in a decision. Heart. still think if that is the old mosque that I want to go, while I remember his name is Al-Kubro Mosque.

Al-Khadra Mosque. It turned out that the name was disturbing the peace of self. While traveling away, when I visited, on my way home, and even when I got home, the name still made me curious. Then I sent an SMS to a friend who mastered Arabic to ask for the meaning. A few minutes later, the SMS reply came, "Al-Khadra is green." The body vibrates to read it.

Then I browsing with the keyword 'Masjid Al-Khadra Cilegon'. Seconds later, dozens of articles appeared. One of them came from a local newspaper website that I read at the time. After reading the article, the vibration is getting better. Subhanallah ... it turns out Al-Khadra Mosque is an old mosque that can not be torn down. The mosque that makes the heart desire to come to him. And suddenly, remembered the desire a few years ago, the desire to go to the Green Mosque. That desire finally comes true and will come true after a long wait and almost surrendered. Really this is a beautiful coincidence. No, this is a sweet marriage and fate. Fate unexpected, and the fate that occurred in the moment I started no longer wish about his matchmaking. That night, it was decided that next week I would go to his mosque.

Sunday, September 2, 2012, at 13:00, I finally arrived at Al-Khadra Mosque, after traveling more than one and a half hours. Actual distance can be taken for thirty minutes in normal circumstances, to be tripled because of the dense vehicle. No why, does not it all need a struggle? When arrived in front of Al-Khadra Mosque, gratitude was hardened, including tears of emotion. Desire a few years ago and prayer in Ramadan was finally answered. It turned out that destiny had outlined her meeting after going through several middlemen and after a long wait. And in fact, the words of the heart proved true. Another time, never again ignore it.

In fact, the Al-Khadra Mosque is very simple. There is no luxury as seen in the Great Mosque of Nurul Ikhlas Cilegon. The building is not very wide, maybe only able to accommodate three hundred pilgrims only. No marble floors, only tiles laid out. There were no sturdy iron doors, only old wooden doors. There is no high and sturdy gate, just an ordinary wall fence. Very simple, even old age. But in fact, its simplicity captivates the heart.

After observing, I went to the side of the mosque for ablution. The water is cool and refreshing, but behind the mosque is filled with factories and the weather is very hot. Prayer of zuhr and rawatibnya fulfilled in the mosque, then berzikir, and mengaji. Actually I want to be there until the afternoon, but it turns out that a fairly old existence was the concern of (maybe) the mosque administrator. Moreover I am reviewing through the application on the phone. At 14.30, I left the mosque and resumed my journey.

That day, many things were plucked from a long journey alone. A journey that involves not only material, but also spiritual. The journey is not only followed ego, but also the heart. The journey that made me understand more about life and life. A mature journey, and hopefully mature me, who sometimes still like a child. And it turns out, as far and as long as anything goes the journey, we will eventually return to the starting point, to the place of origin. The life of this world is in fact just a journey. No matter how old we are, we will eventually die.

Chocolate Room, September 8, 2012

Naskah Drama 10 Orang Pemain

Judul : Mulai Dari Nol
Penulis 
Widya Mustika Melati
SMK 2 N KOTA CIREBON
XI Perbankan 2

Pemain : 

  1. Astin (Ibu Rio)
  2. Rio 
  3. Dendi
  4. Rudi (Ayah Rio)                                      
  5. Redo (Saudara Kembar Rudi)
  6. Dodi (Karyawan Warung Siomay)
  7. Rendi (Karyawan Warung Siomay)
  8. Ibu Tari (Pelanggan)
  9. Sinta (Istri Rio)
  10. Sri (Ibu Dodi)

      Di tengah padatnya perkampungan di pinggir kota, tersimpan sebuah rumah kecil yang temboknya terbuat dari anyaman bambu dan digerogoti ribuan rayap - rayap kecil. Atap yang sudah bolong di sana sini yang sanggup untuk menghalau teriknya Sang Raja Siang dan menghalau dinginnya terpaan air hujan. Dalam rumah yang sesak dan pengap itu tinggallah seorang penjual seblak Bandung bersama istri dan satu putranya.
      Di kala suatu sore, Astin, istri penjual seblak itu dagang di sebelah SMK Negeri 1 Lemah Abang. Pembeli datang, lalu Astin mengayunkan pisau kecil yang tajam di genggamannya yang erat. Dipotongnya satu per satu tumpukan kol itu. Astin memberi kerupuk, makaroni atau baso dan sosis ke dalam penggorengan yang berisi Zaitun. Di sela - sela menunggu seblak tersebut masak, Astin menyiapkan serofom dan meletakkannya di meja.
      Sementara itu, dalam sebuah bilik kecil terlihat Rio sedang membaca buku untuk mempersiapkan Ulangan Nasional yang akan dimulai lima hari lagi. Hanya selang beberapa menit, Rio meletakkan bukunya dan berdiri. Dia berjalan mondar mandir dibilik tersebut. Anak semata wayang di keluarga itu terlihat sangat bingung. Bukan karena materi pelajaran yang dibacanya, namun ternyata karena siang tadi dipanggil oleh guru di sekolahnya. SMK Negeri 3 Lemah Abang tempat sekolah Rio, berlakukan pengaturan bahwa siswa tidak boleh mengikuti Ulangan Nasional jika administrasi belum lunas. Ya, memang Rio belum membayar beberapa buku disemester 2 ini. Maka dari itu ia dipanggil oleh guru, supaya membayar. Jika ditotal mungkin sekitar Rp 450.000,00 tapi, tak tega rasanya Rio meminta uqng kepada orang tuanya, itulah yang membuat dia bingung. Akhir - akhir ini, keuangan keluarga tersebut memang menurun , apalagi sebentar lagi akhir bulan, sehingga keluarga tersebut harus membayar tagihan listrik dan tagihan air. Sementara orang tua Rio hanya penjual seblak. Keuangan yang didapat tak seberapa. "Haaaaaaaaahhhh.... !" Rio menghela napas panjang. Akhirnya Rio memutuskan untuk mencari penghasilan sendri.
      "Aku harus melakukan apa ?" gumamku.
      "Aha, aku tau, apa yang harus kulakukan, untuk mendapat uang." Astin menghapiri kamar Rio.
      "Rio kamu sedang apa di dalam,kok kamu bicara sendiri ?" tanya Astin
      " Hehehe.... Aku nggak papa kok Bu."
      Keesokan hari, Rio menjadi kuli bangunan tanpa sepengetahuan orang tuanya. Sehari dia mendapatkan Rp 50.000,00 selama 4 hari hanya terkumpul Rp 200.000,00 dan apa yang dia kerjakan, ternyata masih kurang. Kebijakan sekolah ternyata menghargai usaha Rio, dan ia diperbolehkan untuk mengikuti Ulangan Nasional. Syaratnya setelah selesai Ulangan Nasional, dia harus melunasi Administrasi. Hasil Ulangan Nasional pun dibagikan, Rio mendapatkan nilai tertinggi di antara teman - temannya, Rio memberi kabar gembira ini kepada orang tuanya.
      "Ibu ... ibu.. lihat deh aku mendapatkan nilai tertinggi."
      "Alhamdulilah, ibu bangga sama kamu, Nak," Astin menangis karena terharu.
      "Ibu ... tenang aja yah.. aku yakin, aku bisa menjadi anak kebanggaan ibu."
      "Makasih yah, Nak, ibu percaya itu," dengan pelukkan yang erat.
      Rio harus mencari penghasilan lagi untuk melunasi tunggakkan sekolah. Sepulang sekolah, Rio langsung ke tempat dia bekerja (kuli bangunan), salah satu temannya, melihat Rio sedang menjadi kuli bangunan, dan Dendi menghina Rio.
      "Hahaha.. Rio, loe emang pantas jadi kuli bangunan. Udah miskin, cupu lagi haha... kasian banget sihh hidup loe," dengan bertepuk tangan.
      "Heh.. maksud loe apa! Biarin, gua jadi kuli bangunan, dari pada loe anak Mami, udah nganggur, dan bisanya minta sama orang tua mulu," dengan perasaan kesal.
      "Sudah sudah, jangan bertengkar !" kata mandor.
      Dendi pun pergi, Rio langsung melanjutkan pekerjaannya. Matahari pun terbenam , Rio  pulang dengan memakai baju seragamnya itu. Astin belakangan ini bingung dengan anak semata wayangnya, karena setiap hari Rio pulang sore.
      "Assalammualaikum, aku pulang... "
      "Waalaikummussalam,kok kamu baru pulang, Nak ?" tanya Astin.
      "Iya. Bu. Tadi aku kerja kelompok dulu."
      Rio terpaksa untuk berbohong kepada Astin, karena dia tak mau Astin mengetahui, kalau dia menjadi kuli bangunan. Selama 1 minggu, Rio sudah memgumpulkan uang sebesar Rp350.000,00. jumlah yang harus dibayar Rp 450.000,00 namun Rio baru membayar Rp 200.000,00 lalu sisanya sebesar Rp 100.000,00.
      "Alhamdulilah.. akhirnya uang hasil kerja ku terkumpul juga."
      "Heeeemmm.. sebenernya aku ingin mengasih uang ini kepada ibu, tapi aku takut, ibu bertanya sama aku." Gumam ku.
      Keluarga kecil ini memang sedang membutuhkan uang. Dan penghasilan mereka belum menutupi segalanya. Tetapi mereka tetap sabar dan tawakal, dan mereka tidak akan menyerah walaupun banyak rintangan yang harus mereka hadapi. Mereka percaya kalau Tuhan sayang kepada mereka dan di balik kesengsaraan pasti ada kebahagiaan. Astin pun menyiapkan makan malam hari. Tak selang beberapa lama, hujan deras pun turun disertai halilintar dan guntur.
      "Duuuaaarrr !" suara guntur mengagetkan Astin dan Rio yang tengah bersiap - siap makan.
      Namun keduanya tetap bersyukur, karena masih diberi santapan yang bisa mengisi perut mereka. Baru beberapa suapan, tiba - tiba saja lampu bohlam di atas meja makan berkedip - kedip dan mati.
      "Apa kita belum membayar tagihan listik ?" tanya Astin kepada Rio.
      "Tidak, Bu. Ini baru tanggal 20,?" jawab Astin, seolah tahu arah pembicaran ibunya.
      "Mungkin karena hujan, listrik mati. Aku mau lihat depan dulu," sambung Rio. Rio pun berjalan menuju pintu depan.
       "Iya, Bu. Satu kampung listriknya padam."
      Detik demi detik, menit demi menit. Hingga beberapa jam pun berlalu. Hujan belum reda, guntur dan petir belum berhenti, lampu pun masih padam. Rio kelihatannya sudah mulai mengantuk, karena hari semakin malam. Astin masih di ruang makan, Rio berjalan menuju bilik kamarnya dan bergegas tidur supaya besok bisa belajar disekolah tanpa mengantuk. Matahari pun terbit menyinari bumi, Rio merasa bingung karena ayahnya tidak pulang ke rumah, akhirnya Rio bertanya kepada Astin.
      "Bu, ayah kemana sih, kok aku beberapa hari ini tidak melihat ayah ?"
      "Ayah sekarang ada di rumah saudara kembarnya, untuk berjualan. Kata kakak kembarnya, disitu tempat strategis," jawab Astin jelas.
      "Pantas saja, aku tidak melihat ayah belakangan ini."
      Menjelang sore, tiba - tiba terdengar suara gedoran pintu dari luar. Astin merasa bahagia, dia pun membuka pintu. Astin memandangi laki - laki di depannya. Awalnya Astin mengira kalau dia adalah suaminya, tetapi setelah Astin melihat lagi ternyata dia adalah saudara kembar dari suaminya, namanya Rudi. Rudi mengatakan bahwa adik kembarnya, yang bernama Redo sedang ada di rumah sakit, karena tadi malam tertimpa pohon yang tumbang disamabar petir. Rudi pun membawa Astin dan Rio ke rumah sakit Redo dirawat. Mereka pun sampai di rumah sakit, Redo ternyata tidak apa - apa, hanya beberapa goresan dan memar di kaki kirinya. Astin dan Rio pun pulang ke bilik kecil itu. selama di perjalanan.
      "Asik.... ayah bisa berkumpul lagi bersama kita," ujar Rio.
Sesampai di bilik, Redo kemudian memberi uang kepada anaknya dan Astin, untuk membayar buku pelajaran.
      "Kok ayah tahu ? Aku kan belum bilang ke Ayah ?" tanya Rio dengan heran.
      "Ayahkan tahu kalau kamu akan menghadapi Ulangan Nasional, jadi sudah pasti semua Administrasi harus lunas. Ngomong - ngomong kamu nggak sekolah ?"
      "Inikan hari minggu, Yah!"
      "Ohiya, ayah lupa, kalau ini hari minggu." Dengan rasa malu.
      "Ayah sudah makan belum ?" tanya Astin.
      "Belum, bikinkan ayah teh manis saja, Bu."
      "Ya, sudah."
      Seiring waktu berjalan, Rio lulus sekolah dan dia memutuskan untuk langsung bekerja. Karena, kalau Rio melanjutkan kuliah, keluarganya tidak akan sanggup untuk membiayai dia. Akhirnya dia berfikir untuk bekerja sebagai penjual siomay.
      "Siomay ! Siomay ! Siomay enak ! Dijamin tanpa boraks !" terdengar suara fals dari seorang pemuda tampan yang menjual siomay yaitu Rio.
Datanglah seorang bapak - bapak yang tergopoh - gopoh memanggil Rio.
      "Rio ! Rio ! Tunggu ! itu rumah kamu !"
      "Rumah saya kenapa, Pak?" jawab Rio terkejut.
      "Itu rumah kamu kebakaran."
      "Apa !!! Kebakaran.. ya sudah terima kasih ya pak, sudah memberitahu saya." Rio pun bergegas pulang ke bilik kecilnya itu.
      Pada saat Rio melihat biliknya, ternyata biliknya sudah tak berbentuk rumah lagi. Dan si jago merah pun sudah menelan nyawa ibu dan ayahnya itu, ia sekarang menjadi anak sebatangkara. Ia terpaksa harus menghidupi dirinya sendiri dengan berjalan siomay. Keesokkan harinya, seperti biasa ia kembali berjualan. Dan seperti yang sudah ia janjikan, ia mampir ke rumah Ibu Tari di kompleks Perumahan Sumber Asri.
      "Siomay ! Siomay ! Siomay enak ! Dijamin tanpa boraks !" teriak Rio yang tak disambut oleh siapapun.
      "Siomay, Bu ?" ulang Rio.
      "Siomay mas Rio !" teriak salah satu seorang ibu dari kompleks Perumahan Sumber Asri yang memang sudah menjadi langganannya sejak masih baru berjualan.
      "Biasa, Bu ?" tanya pemuda itu.
      "Iya dong, kaya biasanya aja. Nggak pake pare, terus sambelnya yang banyak." Jawab Ibu Tari.
      "Oke, Bu. Bentar ya," jawab Rio.
      "Ini, Bu. Siomaynya."
      "Berapa Mas ?" tanya Bu Tari.
      "Biasanyalah, Bu. Rp 5.000,00 aja," jawab Rio.
      "Nih makasih ya. Oh iya, besok jangan lupa kesini lagi ya."
      "Oke, Bu. Keliling lagi Bu," pamit Rio.
      "Ya ! semoga cepet laris ya Mas !" sambung Bu Tari.
      "Amiinn." Rio mengamini.
Rio kemudian pergi dari tempat Ibu Tari dan kembali melanjutkan berjualan.
      Jam sudah menujukkan pukul 17 lebih 26 menit, tepat pada saat itu pula dagangan siomay Rio sudah habis. Rio pun bergegas pulang ke tempat ia tinggal. Hidup sebatangkara memanglah terasa sulit. Apalagi bagi seorang Rio yang tak memiliki apa - apa semenjak kebakaran yang menelan nyawa ibu dan ayahnya . Rio pun bertambah dewasa. Beberapa tahun kemudian, ia memang sudah menekuni pekerjaan ini lumayan lama, tepatnya sekarang ia berusia 20 tahun.
      Tiga tahun telah berlalu, banyak sekali perubahan yang Rio alami. Siomay milik Rio kini sangat pesat. Pada akhirnya Rio membuka warung siomay yang besar dan memiliki cabang dimana - mana. Kini Rio sudah menjadi bos penjualan siomay yang memiliki 1024 karyawan. Akhir - akhir ini Rio sedang menyukai seorang gadis yang sangat cantik yaitu Sinta. Terlihat dari pancaran mata yang berbinar saat Sinta melihat Rio. Senyuman manis yang membuat hati Rio berdebar kencang dan sampai membuat dia keluar keringat dingin.
      Seiring waktu berjalan, Rio memberanikan diri untuk melamar Sinta. Tetapi yang menjadi beban Rio adalah siapa yang akan mendampingi dia pada saat ingin melamar Sinta. Akhirnya lamaran pun berjalan secara lancar dengan ditemani oleh seorang wali yang di wakilkan dengan pak RT serta maharnya. Menjelang beberapa hari, Sinta dan Rio menduduki kursi pelaminan dan acara yang dibuat Rio berjalan lancar seperti air mengalir, yang tanpa hambatan apa pun. Lalu Rio dan Sinta, menjadi pasangan kekasih yang bahagia. Dan mereka hidup dengan rukun dan damai.
      "Selamat ya Mas, saya doakan semoga mas Rio dan mba Sinta, menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah," ujar Bu Tari.
      "Amiiiinnnn... Terima kasih ya Bu, atas doanya," pemuda itu mengamini.
      "Iya sama - sama Mas Rio."
      "Terima kasih ya, Bu," sambung Sinta.
      Seminggu kemudian, Rio dan sudah mempunyai rumah sendiri. Dan mereka bekerja sama untuk menangani warung siomay yang besar itu. Warung tersebut kini maju pesat. Usaha Rio selama ini yang ia geluti, akhirnya sukses dan lancar. Waktu pun terus berputar, kemudian Sinta mengalami pusing dan mual - mual, Rio pun kebingungan. Akhirnya dia membawa Sinta ke puskesmas. Berita bahagia itu pun datang kepada mereka. Sinta sekarang sedang mengandung buah hati yang mereka dambakan selama ini. Rio dan Sinta pun sangat berhati - hati menjaga buah hatinya, agar di jalan tidak ada hambatan apa pun (keguguran). Sinta selalu menjaga pola makannya, walaupun itu agak susah untuk di ikuti, tetapi demi buah hati yang mungil ini, dia merelakan untuk menjaga pola makannya.
      "Bunda jangn lupa jaga kesehatan ya, kamu disini aja, biar aku saja yang mengawasi warung siomay ini." Ujar Rio dengan penuh perhatian.
      "Iya, Ayah. Lagian kan aku nggak boleh kecapean juga."
      Rio bergegas pergi ke warung sioamay nya itu. Pada waktu dia mengawasi karyawan, ternyata ada karyawan yang kerjanya tidak benar. Uang yang tersimpan di boz kasir itu, ternyata hasilnya tidak sama dengan komputer.
      "Dodi, kok pendapatan hari ini tidak sama dengan komputer, kenapa uang nya selisihnya banyak ?" tanya Rio.
      "Saya tidak tahu Pak." Dengan muka pucat dan tegang.
      "Kalau kamu kerjanya benar, pasti tidak terjadi seperti ini ! Rendi coba kamu cek lagi, barang kali ada yang belum Dodi input ke komputer," jawab Rio tegas.
      "Baik, Pak."
      "Nota dengan komputernya balance, tetapi uangnya selisih banyak Pak." Uajar Rendi.
      "Seperti ada yang menganjal." Jawab Rio heran yang menatapi terus Dodi.
      Pada saat Rio melirik ke arah Dodi, Dodi pun langsung meninggalkan tempat kasir itu. Rio pun merasa curiga, akhirnya dia mengikuti jejak langkahnya Dodi. Akhirnya Dodi menemui seorang ibu - ibu tua, yang tinggal di suatu bilik yang di kelilingi dengan barang rongsokkan. Dan dia mengeluarkan uang yang jumlahnya agak banyak.
      "Assalammualaikum, Bu?" ujar Dodi.
      "Waalaikumussalam, kamu sudah pulang, Nak." Dengan nada yang pelan dan serak.
      "Iya, Bu. Tapi aku mau kasih uang ini untuk ibu."
      "Terima kasih ya nak, kamu baik sekali. Ohiya kamu dapat uang ini dari mana ?" tanya Sri.
      Sri adalah orang tua dari Dodi. Hidup mereka seperti hidup Rio dulu, yang tak memiliki apa - apa dan mereka hidup di sebuah bilik yang sangat kumuh.
      "Heeemm.. uang ini ku dapatkan dari hasil kerjaku sekarang, Bu," jawab Dodi.
      "Sekarang emangnya kamu kerja apa, Nak?"
      "Aku bekerja di warung siomay, sebagai penjaga kasir,"
      "Oh gitu, ya sudah kamu masuk dulu ke dalam, terus makan." Sri menjamu anaknya dengan penuh perhatian.


      Dugaan Rio pun benar, yang mengambil uang di warungnya ternyata Dodi. Tetapi, pada saat ia mengikuti Dodi, dan menyaksikan kejadian tadi. Ia pun berfikir, akhirnya ia meninggalkan tempat tersebut. keesokkan hari, Rio kembali mengawasi warungnya. Dan Rio selalu memperhatikan gerak - gerik nya Dodi. Pada saat Rio sedang mengawasi karyawannya itu. Tiba - tiba Sinta menelpon suaminya, untuk belikan Ice Cream Durian dan mangga arum manis di Cempaka Putih, sedangkan rumah mereka di Sentiong, tepatnya disamping rel kereta.
      "Duhh .. ada - ada aja sih bunda tuh." dengan hati yang mengeluh.
      "Orang ayah lagi kerja. Ada - ada aja permintaan orang lagi ngidam," gumamku.
      Mau tak mau Rio harus menuruti permintaan istrinya , dan dia rela di suruh apapun, demi janin yang diperut Sinta. Permintaan Sinta pun di kabulkan. Yang menyedihkan lagi, ketika barangnya ada, hanya dilihat saja ! Tidak di makan sama sekali.
      "Udah belinya jauh, malah nggak di makan ! ya sudah ayah saja yang makan ini semua."
      "Hehehe maaf, Yah. Dede bayi nya seneng, soalnya permintaannya sudah di kabulkan," sambil mengelus - ngelus perutnya.
      Di selang beberapa menit, Rio mendapatkan laporan lagi dari karyawannya, kalau uangnya telah hilang. Rio pun bergegas ke tempat warungnya, untuk mengatasi kondisi seperti ini berturut - turut. Hari demi hari Rio terus menyelidiki Dodi. Akhirnya Dodi ke tangkap basah, pada saat dia sedang mengambil uang yang ada di kasir.. Dodi pun mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada Rio. Kemudian, ia bercerita kalau uang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan Dodi dan Sri. Apalagi sekarang Sri menderita penyakit Jantung. Rio memang memaklumi keadaan dia sekarang, tetapi cara yang Dodi lakukan itu salah. "Sikap kamu yang seperti ini, membuat warung saya bangkrut." Ujar Rio kesal.
      Rio pun membantu perekonomian Dodi. Akhirnya hidup mereka lebih baik dari pada sebelumnya, dan Rio memberi persyaratan kepada Dodi.
      "Saya akan membantu perekonomian kamu, asalkan jangan mengulangi perbuatan seperti itu lagi."
      "Iya, Pak. Saya tidak akan mengulanginya lagi, saya berjanji."
      "Jika janji kamu ingkari, resikonya kamu saya pecat!"
      "Iya, Pak.Saya mengerti."
      Setelah selesai masalah pertama, muncullah masalah ke dua, yaitu Sinta mengalami keguguran. Sebabnya Sinta terjatuh di kamar mandi. Pada saat dia ingin membuang air kecil. Sinta sudah tergeletak di kamar mandi, namun tidak ada seorang pun yang tahu. Maka impian mereka ingin mempunyai anak hilanglah begitu saja. Sinta pun langsung di bawa ke Rumah Sakit. Berita duka yang sangat tak dikira.
      "Keluarga Pak Rio?" ujar Dokter.
      "Iya, Pak. Saya sendiri, pak bagaimana dengan keadaan istri saya ?" kekhawatiran terus menyelimuti tubuh Rio dan keluarga Sinta.
      "Maaf dengan sangat, istri anda tidak bisa terselamatkan, di karenakan sangat banyak darah yang di keluarkan, jadi istri anda mengalami kekurangan darah." Penjelasan dokter.
      "Apa, Dok !! Jadi istri saya dinyatakan meninggal dunia?" jawab Rio menangis.
      "Kurang lebihnya seperti itu, Pak. Bapak yang sabar ya."
       "Innalillahi wainnailaihi roziun, kamu kenapa cepat sekali meninggalkan aku, bunda... " Rio berserah diri kepada yang Maha Kuasa.
      Kini hidup Rio tak berwarna lagi, tak seperti waktu dulu ada Sinta yang mendampinginya. Saat ini Rio sering sekali melamuni Sinta. Dia merasa hidup ini tak adil. " Kenapa kau ambil nyawa istriku Ya Rob, kenapa tidak aku saja yang kau ambil." Rio pun sering murung memikirkan Sinta. Kini tak ada lagi yang mendampingi dia seperti semula. Dan status Rio sekarang menjadi seorang dua.

 SEKIAN

Author Name

Image 1 Title

Image 1 Title

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.